Pengertian dari Color Grading, serta Rekomendasi Software Untuk Color Grading.

Color grading adalah proses penting dalam pembuatan film yang melibatkan pengubahan warna pada foto atau video. Meskipun Anda mungkin bukan seorang ahli dalam color grading, penting untuk memiliki pemahaman tentang apa yang Anda inginkan dalam gambar Anda.

Selain itu, pemilihan perangkat keras yang sesuai juga krusial, untuk mengedit color grading yang kompleks. Proses ini dapat melibatkan berbagai teknik seperti shot matching, shape mask, dan penghapusan objek, yang tingkat kerumitannya bervariasi sesuai tema atau preset. Yang tak kalah penting, foto dan video yang akan diedit harus memiliki kualitas tinggi untuk memastikan hasil akhir memiliki resolusi yang baik.

Perbedaan Color Grading dan Color Correction

Terdapat dua teknik penting dalam pengolahan warna gambar/video: color correction dan color grading. Color correction berfokus pada perbaikan kualitas warna dan cahaya gambar, termasuk exposure, white balance, ISO noise, dan kontras.

Sementara itu, color grading mengatur warna dasar untuk menciptakan nuansa yang berbeda dalam film, termasuk shot matching, penghapusan objek, dan efek sinematik. Dengan ini, sinematografer dapat mengubah tampilan visual dari aslinya.

Mau belajar Color Grading? Mungkin ini Software yang cocok untuk kamu coba!

Jika Anda mencari yang gratis, kami merekomendasikan DaVinci Resolve. DaVinci Resolve adalah pilihan utama untuk color grading gratis dan memiliki dua opsi: Resolve (gratis) dan Resolve Studio (berbayar sekitar $299 dengan fitur profesional).

Awalnya, Resolve hanya untuk color grading, tetapi sekarang mencakup fitur edit gambar, compositing 3D dengan Fusion, dan edit audio DAW, semuanya terpadu dalam satu tampilan. Meskipun sebelumnya fokusnya bukan color grading, Resolve 17 menawarkan fitur color grading yang kuat.

Resolve menggunakan struktur node-based, yang berbeda dari struktur layer seperti Final Cut Pro atau Photoshop. Meskipun kompleks, node-based memudahkan pemahaman dan pengaturan grading.

Software ini memiliki alat lengkap untuk color grading dalam satu toolkit LUT dan galeri, dengan pengembangan fitur yang terus berlanjut. Blackmagic juga menawarkan pelatihan dan sertifikasi gratis, termasuk panduan pelatihan resmi, eBook, buku fisik terjangkau, dan video latihan.

Blackmagic menawarkan semua ini gratis karena mereka memerlukan perangkat khusus seperti monitor broadcast terkalibrasi dan perangkat hubungan sinyal seharga sekitar $150. Color grading adalah fitur mahal di industri film, dan DaVinci Resolve memberikan akses gratis yang lengkap.

Selain color grading, Resolve juga mendukung editing audio dan compositing 2D dan 3D. Anda dapat mengedit dalam berbagai program dan mengekspor footage untuk proyek akhir Anda.

Itulah yang bisa kami rekomendasikan untuk software gratis yang cocok untuk color grading. DaVinci Resolve mungkin bukan yang terbaik, tetapi cocok bagi yang mencari fitur lengkap dan pelatihan gratis.

Sumber : https://idseducation.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *