Apa itu Lightroom?

Pengertian Adobe Lightroom

Adobe Lightroom adalah perangkat lunak pengedit gambar resmi dari Adobe Photoshop yang ditujukan khusus untuk fotografi. Ini digunakan oleh fotografer untuk menyempurnakan foto dan mengatur warna. Berbeda dari Adobe Photoshop, Lightroom fokus pada penyesuaian tone dan variasi.

Fungsinya mencakup impor, ekspor, penyimpanan, penampilan, pengaturan, penandaan, dan pengeditan foto, termasuk pengaturan warna dan pencahayaan. Lightroom juga tersedia untuk PC dan perangkat seluler. Dikembangkan pada tahun 1999 oleh Mark Hamburg, dengan kontribusi Andrei Herasimchuk dalam proyek “Shadowland” yang inovatif.

Kelebihan Adobe Photoshop Lightroom

  1. Mendukung Format File RAW: Lightroom mendukung format RAW yang digunakan oleh fotografer profesional, memungkinkan pengguna mengimpor dan mengedit foto dari smartphone mereka.
  2. Fasilitas Tool yang Lengkap: Adobe Lightroom menyediakan beragam alat pengeditan foto, termasuk penyesuaian kontras, sorotan, saturasi, tekstur, dan lainnya.
  3. Menyediakan Cloud Storage: Pengguna dapat mengakses penyimpanan cloud 100 GB dari berbagai perangkat, dengan kemudahan impor dan ekspor preset.
  4. Fitur Pendukung Fotografi: Lightroom memiliki fitur pendukung yang kompleks, termasuk pemrosesan warna, pengurangan noise, penyesuaian resolusi, dan watermarking.
  5. Interface User-Friendly: Antarmuka pengguna yang mudah dipahami dan terstruktur dengan baik, membuat penggunaan dan pengeditan foto menjadi lebih sederhana.
  6. Riwayat Editing Terjaga: Lightroom menyimpan riwayat pengeditan foto, bahkan setelah perangkat lunak ditutup, memungkinkan pemantauan perubahan yang telah dibuat.
  7. Fitur Web Sharing: Lightroom memudahkan berbagi foto dengan fitur berbagi, termasuk pembuatan album baru dengan biaya langganan premium sebesar Rp 67.000/bulan.
  8. Pembuat Galeri Foto Online: Kemampuan untuk membuat album galeri foto online yang mudah diakses oleh pengguna.

Fitur Utama Adobe Lightroom

  1. Photo Editing: Adobe Lightroom memungkinkan Anda mengedit foto di desktop, ponsel, atau online. Anda dapat menyesuaikan tema warna, komposisi, ketajaman, sorotan, serta menambahkan efek dan kreativitas pada foto Anda.
  2. Photo Storage and Management: Lightroom menyederhanakan penyimpanan foto dengan fitur manajemen foto. Anda dapat menyimpan dan berbagi foto secara online, menandai foto, dan menyimpan foto di cloud untuk menghindari kehilangan file foto.
  3. Lightroom Presets: Fitur Presets Lightroom memberikan Anda akses ke beragam filter yang dapat Anda terapkan pada foto Anda. Anda dapat mempelajari, membuat, dan berbagi preset Lightroom sendiri, serta menemukan preset dari komunitas fotografer lainnya.

Fitur Terbaru Dari Adobe Lightroom

  1. Control shadows, midtones, and highlights with Color Grading: Menyesuaikan tingkat kontrol warna atas bayangan, nada tengah, dan sorotan dalam pewarnaan gambar.
  2. Add graphical watermarks to your photos : Lightroom memungkinkan pengguna dan fotografer untuk menambahkan watermark, stempel logo, atau tanda tangan mereka sendiri saat mengekspor gambar dari desktop atau seluler.
  3. Explore a personalized Lightroom feed and follow inspirational photographers : Untuk inspirasi, pengguna dapat mengakses Learn and Discover di ponsel atau web. Di sana Anda dapat melihat tutorial, menemukan jenis pengeditan yang Anda sukai, dan mengikuti orang-orang di komunitas Lightroom.
  4. Lightroom automatically helps you pick your best photos : Lightroom dapat langsung memilih gambar atau foto terbaik berdasarkan saran kualitas tertinggi. Fitur ini juga memiliki penggeser ambang batas kualitas untuk menyesuaikan gambar yang dihasilkan.
  5. Other feature enhancements : Ada kontrol untuk melihat detail yang lebih halus dan lebih cepat menggunakan gerakan zoom. Untuk mengedit gambar, ada juga versi non-destruktif otomatis. Lightroom juga menyediakan panel Foto untuk navigasi desktop Lightroom yang mudah.

Dengan Adobe Lightroom, Anda dapat dengan mudah mengedit, mengelola, dan meningkatkan foto Anda.

Sumber : https://idmetafora.com/news/read/1517/Mengenal-Pengertian-Adobe-Lightroom-Sejarah-Versi-Kelebihan-Fitur-Terbaru.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *